Wina Februarita


« Home


Apa itu Backup Server ?
backup server adalah suatu solusi yang menggunakan sebuah server untuk selalu melakukan backup pada server utama, sehingga sewaktu-waktu jika server utama down, backup server siap bekerja.

Bukankah sudah banyak solusi pada mesin server sendiri seperti redundant dan hot swap?
Memang benar server sekarang sudah dilengkapi dengan fitur hot swap maupun redundant. Tapi fitur itu saja tidak cukup. Apakah kita bisa menjamin board utama dari server tidak akan rusak? atau apakah kita bisa menjamin software tidak corrupt? dan pertanyaanya kalau terjadi corrupt dan harus diinstall kembali, berapa lama waktu toleransi Anda untuk bisa bekerja tanpa server ?

Disamping itu, jika kita memakai multi server untuk beberapa tempat, akan lebih cost efektif jika kita menginstall satu backup server yang memiliki kemampuan hot swap dan redundant dari pada setiap server kita investasikan yang memiliki kemampuan hot swap dan redundant tersebut.

Apa saja solusi Backup Server?
Solusi Backup server sebenarnya banyak pilihan tergantung kepada kebutuhan dan dana yang tersedia. Perusahaan yang tidak mentolerir down time sedetikpun seperti banking, tentu diperlukan investasi yang cukup mahal. Sedangkan bagi perusahaan SME yang umumnya masih mentolerir down time sepanjang tidak mengganggu operational usaha secara signifikan, biasanya memiliki pilihan solusi yang lebih murah.

Salah satu solusi adalah menyediakan backup server unit untuk mengbackup server utama. Ada juga investasi server model Blade (model yang bisa mengganti board processing unit dalam keadaan jalan, seperti hot swap pada hard disk) dan ada juga model backup server dengan konsep multi server di multi tempat. Banyak pilihan tergantung kebutuhan dan masalah yang Anda hadapi (mission critical).

Apakah dengan investasi backup server unit sudah memadai?
Hardware adalah salah satu alat yang diperlukan untuk backup system ini. Tapi yang lebih penting tentunya adalah Software yang terinstall dan disetup dengan benar. Karena dengan software dan setting yang benar baru bisa menjamin backup bisa berjalan dengan semestinya

Coba ceritakan lebih jauh seputar software.
Operating software (system) Server yang kita install sangat mempengaruhi kemampuan untuk melakukan backup ini. Kita mencontohkan Microsoft Windows Server Enterprise 2003, memungkinkan backup server melakukan aktifitas backup secara otomatis setiap ada data baru di server/storage utama. Dan jika storage/server utama mengalami masalah, maka backup server akan secara otomatis mengambil alih tugas tanpa perlu kita mengalami down time ataupun untuk setup yang biasanya juga memakan waktu panjang. Ada juga software pendukung lainnya seperti Veritas yang bisa melakukan backup terhadap satu aplikasi khusus misalnya Exchange Mail dlsbnya. Semua aplikasi yang diperlukan tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dari kita masing-masing

Apa saja yang bisa dilakukan Bhinneka dalam memberikan solusi ini ?
Kami siap memberikan konsultasi teknis dan jika diperlukan kami juga menyediakan hardware yang bisa menunjang aplikasi backup server ini serta juga menyediakan software yang diperlukan sekaligus jasa installasi dan setup yang diinginkan. Dengan kata lain, kami memberikan total solution dan sekaligus siap mentransfer pengetahuan pada personil yang Anda percayakan.

Apakah Saya bisa melihat demo unit?
Tentu saja, Anda bisa berkunjung ke kantor kami untuk melihat backup server ini dalam operasional ataupun Sistem intergrator kami siap memberikan demo backup server ini dikantor Anda. Silahkan hubungi Yos Rifanto dan Joey di Telp di 21-4261617 - 4229555 atau email kami di care@bhinneka.com

Dengan pengadaan backup server, minimal Anda sudah mengasuransikan data dan operasional perusahaan dengan benar. Sedikitnya Anda bisa lebih konsentrasi mengembangkan usaha tanpa perlu kuatir kehilangan data atau operasional menjadi mandek gara-gara server yang mogok kerja.


0 Responses to “”

Post a Comment



Google Docs & Spreadsheets -- Web word processing and spreadsheets. Edit this page (if you have permission) | Report spam